Kamis, 08 Desember 2016

Kiat-kiat membeli gitar klasik

Gitar klasik itu agak berbeda dengan gitar-gitar pada umumnya seperti elektrik dan akustik, dengan perawatan yang juga mahal. Sehingga saat beli gitar klasik kamu harus memastikan semuanya dalam kondisi baik untuk meminimalisir pengeluaran dikemudian hari. Saat membeli gitar klasik, ada beberapa fitur kunci yang harus diinagt diantaranya:

Ukuran / bentuk gitar
String nilon
Proyeksi gitar
Kualitas mesin tala

a.      Ukuran / Bentuk Gitar Klasik

Seperti kebanyakan gitar, gitar klasik tersaji dalam berbagai bentuk dan ukuran. Ada gitar klasik yang lebih kecil yang sesuai anak-anak tetapi mungkin tidak nyaman untuk orang dewasa. Maupun sebaliknya, besar dan tidak cocok untuk anak kecil. Bentuk gitar juga memiliki andi terhadap suara dan "proyeksi" dari gitar.

Body tipis ramping misalnya, akan menghasilkan suara yang lebih kecil dengan lebih treble sementara body tebal memungkinkan note bass terdengar lebih kentara. Pada akhirnya bentuk gitar adalah semua tentang preferensi pribadi. Beberapa gitar klasik tampak memanjang, yang mungkin tidak terlihat sangat estetis bagi beberapa orang namun mungkin nampak begitu memukau bagi sebagian orang

b.      String nilon

string nilon menghasilkan suara yang sama sekali berbeda dan merasa benar-benar berbeda dari senar baja. String nilon notabene lebih mudah dimainkan, sehingga sangat pas untuk para pemula. Namun tidak dapat menghasilkan suara sekaya string baja sehingga kurang cocok untuk kegiatan mengeksplorasi musik

c.       Proyeksi gitar

Ini adalah kualitas yang sering diabaikan oleh banyak orang saat membeli gitar klasik. Mereka memperhitungkan ukuran dan kualitas suara tapi melupakan semua tentang proyeksi. Apa itu proyeksi? Yakni kemampuan gitar untuk mempertahankan kekuatan suara tanpa distorsi. Jika tujuan kamu beli gitar adalah untuk bermain didepan umum, maka proyeksi adalah hal paling penting.

d.      Kualitas Mesin Tuning

Mesin-mesin tuning pada gitar klasik sangat berbeda dari yang ditemukan pada gitar akustik atau elektrik. Sebab mesin tuning gitar klasik jauh lebih rentan terhadap sentuhan. So, sebelum membawanya pulang pastikan mesin tuningmu berkualitas baik.

http://id.yamaha.com/id/music_education/courses/teens_and_adults/guitar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar